\

Tekan Jumlah Limbah di TPA, Pemkot Tangerang Gencarkan Sederet Program Sedekah Sampah

Kondisi terkini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang telah memenuhi 80 persen dari 38 hektare luas tanah. Tercatat, dalam sehari TPA Rawa Kucing menerima 1.500 ton sampah dari berbagai wilayah di Kota Tangerang. Sehingga ketinggian gundukan sampah saat ini sudah mencapai 25 meter dari permukaan TPA Rawa Kucing.

Atas kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berupaya terus menggencarkan sederet program penanganan sampah, untuk terus menekan jumlah limbah yang masuk ke TPA Rawa Kucing. Salah satunya, yakni program sedekah sampah, mulai dari sedekah sampah minyak jelantah, sedekah sampah an organic dan sedekah sampah organik.

“Secara pelaksanaannya, program sedekah sampah menyasar seluruh masyarakat di Kota Tangerang. Mulai dari lingkup ASN, rumah tangga hingga perusahaan-perusahaan di Kota Tangerang. Ini pun menjadi gerakan ladang amal yang cukup massif dilakukan di Kota Tangerang dalam dunia lingkungan. Pasalnya, hasil setiap pengolahan atau penjualan disetorkan ke Baznas secara berkala,” kata Tihar Sopian, Kepala DLH Kota Tangerang, saat dihubungi, Selasa (4/7/23).

Dalam meminimalisir tumpukan sampah, kata Tihar DLH Kota Tangerang juga memiliki pengolahan Biokonversi Lalat BSF atau pengolahan sistem maggot. Dimana hasil pengolahannya dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak hingga kompos bernilai jual.

Ia pun berharap, kesadaran masyarakat dalam memilah sampah dari rumah bisa terus meningkat, sehingga turut membantu pemerintah dalam mengatasi permasalah tumpukan sampah yang ada di TPA Rawa Kucing. “Dengan ini, kami imbau seluruh lapisan masyarakat Kota Tangerang untuk dapat menjaga dan mendukung program pengolahan dan pengurangan sampah di Kota Tangerang. Yakni, dengan ikut menyetorkan sampahnya untuk disedekahkan melalui bank sampah yang tersebar di 13 Kecamatan,” imbaunya.

Sebagai informasi, permohonan pengangkutan sedekah sampah dapat diproses melalui nomor whatsapp di 0857-1501-8087 atau 0811-1631-631. (dsw)

BERITA LAINNYA

27 Nov 2021 08:11

Olah Bank Sampah Weekend…