\

Hari Bumi Sedunia, DLH Kota Tangerang Ajak Warga Jaga Bumi dari Mulai Lingkungan Sekitar

Tanggal 22 April 2024 diperingati sebagai hari Bumi Sedunia atau Earth Day. Dikutip dari laman earthday.org, tema yang diambil tahun ini ialah “Planet vs Plastics”. Hal ini sebagai komitmen untuk mengakhiri penggunaan plastik demi kesehatan manusia dan bumi. Tentunya dengan mengurangi produksi semua jenis plastik sebanyak 60 persen pada tahun 2040.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sopian mengatakan, pihaknya mendukung kampanye yang diserukan pada hari Bumi Sedunia 2024. Dirinya pun mengimbau masyarakat khususnya di Kota Tangerang untuk meningkatkan kesadaran dalam penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari.

“Mari kita terus bersama-sama semangat dalam melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan serta terus merawat bumi kita dengan sadar akan bahaya sampah plastik. Tentunya hal itu dapat dimulai dengan mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Ia pun mengatakan, penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari bisa diubah dengan membawa tas belanja sendiri, membawa kotak makanan, serta botol minum sendiri. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi penggunaan plastik dari mulai diri kita sendiri.

Tak hanya itu, Tihar pun mengungkapkan setiap harinya DLH Kota Tangerang mengangkut 1.500 ton sampah organik atau sisa rumah tangga. Pastinya hal ini menjadi tanggung jawab bersama, dimana diharapkan kesadaran masyarakat akan penggunaan sampah semakin meningkat.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) serta melakukan penghijauan di lingkungan rumah. Setiap langkah kecil kita dalam mengurangi penggunaan plastik sangat berarti untuk masa depan bumi kita. Satu tindakan kecil, dampak besar,” ujar Tihar.

BERITA LAINNYA

27 Nov 2021 08:11

Olah Bank Sampah Weekend…